Minggu, 22 Januari 2017

Begini Teknik Menanam Cabai Rawit Dalam Pot Yang Praktis dan Mudah

Teknik Menanam Cabai Rawit Dalam Pot dilakukan dalam beberapa tahap. Pertama adalah pemilihan bibit dan pembenihan. Selanjutnya dapat anda simak dalam artikel berikut ini.

Harga cabai yang membumbung tinggi di musim - misim tertentu membuat kebanyakan orang mengeluhkan. Entah mengapa kita semua sebagai orang awam tidak mengetahui penyebabnya. Namun jangan khawatir, untuk mengatasi fenomena semacam ini kita dapat mensiasatinya dengan menanam cabai sendiri di dalam pot di samping rumah kita.

teknik menanam cabai rawit dalam pot
http://www.dzargon.com/


Jangan anggap menanam cabai itu sulit. Tanah indonesia adalah tanah yang amat subur. Coba sekarang anda buang cabai yang busuk ke belakang rumah anda. Lihat dua minggu setelahnya, bisa jadi anda akan mendapati banyak pohon cabai tumbuh disana.

Dari pada kita buang, lebih baik kita tanam saja dengan pot agar praktis dan mudah. bagaimana caranya ? Ikuti sesaat lagi

Teknik Menanam Cabai Rawit Dalam Pot


Ada beberapa tahapan yang perlu kita lakukan untuk menanam cabai di dalam pot. Berikut tahapan - tahapanya.

Persiapan Bibit dan Pembenihan

Untuk bibit anda bisa membelinya di toko pertanian dalam bentuk sachet. Atau anda juga bisa menyiapkanya sendiri yaitu dengan cara mencari cabai yang tua dan memiliki bentuk yang bagus. Buka dan ambil bijinya. Jemur pada panas matahari hingga kering dan kemudian rendam dalam air hangat. Diamkan sampai satu malam. Biji cabai yang tenggelam itulah yang akan kita tanam.

Untuk pembenihan anda cukup siapkan loyang segi empat dan isi dengan campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. Jangan lupa melubangi bagian bawah loyang agar air tidak menggenang.

lubangilah dengan bambu kecil kira - kira diameter 1/2 cm. Buat lubang secukuonya sesuaikan dengan ukuran loyang. Jarak antar lobang kira - kira 1- 2 cm. Kemudian masukan biji cabai yang sudah kita siapkan ke dalam lobang. 1 lobang 1 biji saja agar mudah mengambilnya.

Tutup lubang dengan tanah campuran kompos dengan tidak memdatkanya. Siram dengan semprotan pagi dan sore. Pertahankan kondisi media dalam keadaan lembab, jangan sampai kering.

Siapkan Pot

Sambil menunggu bibit berkembang, silahkan siapkan pot ukuran sedang tau besar. Isi dengan campuran tanah dan kompos. Dengan perbandingan yang sama ketika untuk pembibitan. Ketika tinggi bibit cabai sudah mencapai 1 jengkal orang dewasa atu sekitar 10 - 15 cm.

Pindahkan ke dalam pot dengan tanah tetap menempel pada akar. Usahakan proses pemindahan dilakukan pada waktu sore hari. Dan siang harinya selama tiga hari selalu disiram dan usahakan tidak terkena matahari full. unakan paranet atau jaring untuk menutupinya.Rawatlah hingga tanaman cabai anda berbuah. Kurang lebih sekitar 3 sampai 4 bulan.

Selamat mencoba, semoga informasi tentang Teknik Menanam Cabai Rawit Dalam Pot dapat menginspirasi dan dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan terimakasih. Jangan lupa bagikan kepada teman anda yang membutuhkan.




Silahkan Berkomentar Untuk Kemajuan Blog Ini
EmoticonEmoticon